Tigor Jelaskan Sebab Peringkat FIFA Indonesia Naik








PFCBILAL-Mantan Pejabat sementara Sekretaris Jenderal PSSI, Tigor Shalom Boboy ikut buka suara terkait peringkat FIFA Indonesia yang naik ke posisi 168 dari 170 dunia. Padahal, dalam dua pertandingan sebelumnya Indonesia selalu menelan kekalahan.
Indonesia harus mengakui keunggulan Arab Saudi dengan skor 1-2 di laga lanjutan grup C Pra Piala Asia 2015 pada 23 Maret 2013. Tiga bulan setelahnya, Tim Merah Putih harus menalan kekalahan dari tangan Belanda dengan skor 0-3 di pertandingan persahabatan pada 7 Juni 2013.
Kendati menelan dua kekalahan beruntun, posisi Indonesia justru naik dua peringkat. Tigor menjelaskan, poin yang didapat Indonesia merupakan akumulasi dari pertandingan internasional Indonesia selama 4 tahun ke belakang. “Secara sederhana, poin itu dihitung dari 2010, 2011, 2012 dan 2013,” kata Tigor saat dihubungi VIVAbola.
Poin yang didapat Indonesia saat ini, merupakan poin rata-rata dari setiap pertandingan Indonesia selama 4 tahun ke belakang dikalikan dengan bobot pertandingan setiap tahunnya.
Tigor yang juga menjabat Sekretaris PT Liga Indonesia itu juga memaparkan, posisi peringkat Indonesia juga dipengaruhi oleh tim yang berada di atas dan di bawah Indonesia. Poin yang didapat setiap negara saat meraih kemenangan dan hasil imbang tentu berbeda, tergantung peringkat dunia lawan yang dihadapi.
Bila tim di atas Indonesia terus mengalami kemenangan, maka posisi Indonesia tidak akan meningkat. Sebaliknya, jika tim di atas Indonesia mengalami kekalahan, posisi Indonesia berpeluang naik dihitung berdasarkan akumulasi poin selama 4 tahun ke belakang.
“Begitu juga dengan tim di bawah Indonesia, jika tim-tim tersebut mengalami kekalahan, maka ikut mempengaruhi perbaikan peringkat Indonesia, Jadi, poin itu tidak statis,” sambung Tigor.
Sebelumnya, Sekretaris Badan Tim Nasional (BTN), Sefdin Syaifudin menyatakan meningkatkatnya peringkat poin Indonesia tidak dapat dipisahkan dari pertandingan melawan Belanda. Meski kalah, Indonesia tetap mendapatkan poin karena peringkat Belanda jauh di atas peringkat Indonesia. [vivanews]

0 komentar: